Selasa, 15 Mei 2012

BAHAGIA itu SEDERHANA

Bahagia, satu kata yang bisa membuat prang menghabiskan banyak uangnya untuk mendapatkannya
kata yang ntah, dimana letaknya? bagaimana bentuknya ? kapan bisa merangkulnya?
yang juga bisa membuat banyak orang menjadi gila mengejarnya ...
sebenarnya apa sih arti sebuah KEBAHAGIAAN ?


beberapa jawaban yang pernah saya tangkap ketika bertanya apa itu bahagia ??
sebagian orang bilang , ketika bisa sukses mereka bahagia, ketika mereka bisa tersenyum mereka bahagia, ketika mereka bisa tertawa mereka bahagia.
masih banyak lagi hal lainnya ...

bagi saya, bahagia itu sederhana ..
mengapa sederhana ???
pernahkah mendengar cerita tentang orang terkaya disuatu negara, karena dia tidak bahagia dengan hartanya yang berlimpah, dia memutuskan menyedekahkan semua hartanya dan memilih tinggal di sebuah desa dan dia akhirnya bisa merasakan bahagia..

ada lagi sebuah cerita yang saya ambil dari intrnet waktu itu , dan saya sampaikan pada saat saya kultum di SMA, yah tentang kebahagiaan .
ketika ada seorang pemuda yang bermuram durja di pinggir sungai , datanglah seorang kakek tua menghampirinya dan bertanya "ada apakah gerangan yang terjadi padamu nak?" sang pemuda menjawab dengan suara lirih , "saya lelah mencari kebahagiaan pak , saya sudah mendaki gunung, mengarungi samudra, semuanya telah saya lalui tapi tak pernah saya temukan kebahagiaan itu". sang kakek hanya tersenyum dan menjawab , "disana ada padang bunga dan banyak sekali kupu-kupu , bisakah kau tangkapkan satu saja untukku?" sang pemuda beranjak dari tempat duduknya dan pergi ke padang bunga yang dihinggapi banyak kupu-kupu itu. pemuda itu berlari kesana kemari mengejar kupu-kupu yang ada dihadapannya, tapi tak satupun iya dapatkan, ia terus mencoba hingga akhirnya dia putus asa dan kembali dengan muka muram.
dia berkata, "saya menyerah kek, saya tidak bisa menangkap itu" lalu kakek tersenyaum dan berkata, "tunggulah sejenak disini sambil beristirahat", sang kakek pergi ke padang bunga tersebut dan mendekati segerombolan kupu-kupu dengan perlahan, dan hap seekor kupu-kupu hinggap di jarinya. ia kembali menemui pemuda tadi. "liatlah nak aku mendapatkannya. mencari kebahagiaan itu sama seperti menangkap kupu-kupu ini , ketika kau mengejarnya dengan tergesa-gesa dan terburu-buru, maka mereka akan lari, tapi pernahkah kau mencoba untuk memperhatikan sekitar dengan lebih cermat ? banyak hal yang sebenarnya bisa membuatmu bahagia tapi kau takpernah menyadarinya, kebahagiaanmu ada didalam hatimu sendiri, begitu dekat denganmu, setiap hari, tapi kau tak pernah melihatnya karena kau terlalu tergesa-gesa dalam mencari dan mengambil keputusan." sang pemuda tersenyum dan mengerti :)


yup, saya setuju dengan hal itu , sama seperti yang saya sampaikan bahwa bahagia itu sederhana, sesederhana kita bernafas, tapi berarti :)
bahagia itu selalu dekat dengan kita, ada dihati kita, tapi keluhan, prasangka dan banyak hal lain menutupi itu semua ..
cobalah untuk lebih merasakan semuanya dengan hati kita, yakinlah kebahagiaan itu mudah kita rasakan , walaupun hanya dari hal sederhana dan sepele ...
jika selama ini kita terlalu sibuk dengan pekerjaan coba untuk sesekali meluangkan waktu bersama keluarga, hanya sekedar saling menyapa dan makan malam bersama , rasanya itu akan menjadi hal bahagia :)
hal sederhana bukan ? tidak menghabiskan banyak biaya ..
jika selama ini kita kurang memperhatikan kesehatan kita, cobalah untuk istirahat sejenak mungkin bisa diikuti dengan relaxasi atau sekedar menonton siaran favorit kita ?
saya rasa anda akan bisa merasa bahagia dan menghilangkan penat ..
dan masih banyak lagi hal sederhana yang bisa kita lakukan :)

sekali lagi ..
BAHAGIA itu SEDERHANA 
jangan pernah berhenti berbahagia ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar