Jumat, 18 Maret 2011

sehat itu mahal #jarang makan

nah lho, jarang makan = gak teratur itu masalah besar untuk kesehatan
jadi kepengen nulis posting ini, gara.gara tadi pagi pas lagi praktek OLGAnya Pak On :D
akunya mual banget, baru inget kalo tadi pagi gak makan.
ini masalah besar untuk aku, kalo terlambat makan apalagi gak makan.
yaudah deh, asam lambung naik, mual banget, abis itu perih uluh hati.
dulu nya sih gak segininya banget ko, cuma gejala gejala ringan biasa.
masih bisa santai kalo gak makan, masih bisa diatasi lah.
tapi sekarang, okelah kita flashback dulu kenapa ampe segininya sekarang.



dulu waktu pertama masuk SMAN GAUL.
karena jadwal kelas x itu padat dan ngehabisin banyak tenaga.
aku suka gak sempet sarapan pagi, trus akunya emang seneng gak makan.
abis gimana dari kecil emang susah makan sih.
makan juga dikit banget, itu juga dipaksa atau dimarahin dulu ama mamah.
pas tinggal di dorm , merdeka dong akunya, orang gak ada yang maksa makan :D
pertamanya sih, gak ada masalah ampe akhirnya aku sering kena maag.
yah aku atasin pake antasida aja (baca : obat maag)
tapi lama kelamaan, gak tau kenapa kalo aku gak makan selain perut perih banget, aku pasti mual dan berujung muntah.
muntahnya itu air semua, airnya itu asem campur asin dan pait banget.
huh, paling gak suka kalau udah kayak gini.
emang dasranya bandel , walaupun kata dokter aku akunya gak boleh makan gak teratur.
masih aja belum kapok akunya..
dari situ, aku masih suka bandel gak makan, ampe akhirnya pas aku muntah, di situ ada bercak darahnya.
yah kaget banget akunya, itu ko bisa ada darahnya gitu sih.
pertamanya aku masih gak mau bilang ama mamah.
tapi masalahnya nih, makin lama makin parah aja.
kalo aku telat makan, perut perih banget, muntah (pasti ada bercak darahnya), mual, pas udah makan masih juga.
ampe akhirnya jatuh sakit deh gara.gara itu.
ya udah mama ama papa langsung bawa akunya ke dokter yang biasa nanganin aku.
Dr. Arpani (info : dokter ini masih muda banget lho, istrinya juga dokter trus buka praktek bareng, ganteng ama ramah banget lagi :D)
dokter kan pasti nanya keluhan tuh, yaudah aku kasih tau aja semuanya yang aku alamin.
nah langsung deh aku diperiksa, slep.slep beres.
di omongin deh " ose bandel ya !, suka jarang makan iy? males makan iy ? itu ampe maag nya jadi tambah parah"
"iya dokter abis akunya males banget makan"
" gimana mau jadi dokter kalo gitu, ntar pasiennya pada gak nurut ama dokter ose :D"
nah lho ko kalo kayak gitu jadi mau akunya , ahah
trus dibilangin deh ama mamah papah kalo akunya tu "maagnya udah ngelukain lambung sendiri (tukak lambung) (baca : kronis)"
trus disuruh minum obat ini itu, dan segala macem nasehat si dokter ke aku :D
abis dari situ nyesel banget deh akunya suka gak makan gitu.
dari situ akunya langsung ngubah semua pola makan, trus aku gak makan makanan yang gak di bolehin dokter ( nangka muda, makanan asem, makanan pedes, santen, nasi goreng)
lebih dari 3 bulanan aku gak makan semuanya yang kayak gitu, ampe luka dilambung aku bener.bener pulih.
yah dari situ aku jadi teratur makan, cz kalo ampe aku telat makan, langsung jadi kambuh maagnya.
tapi sekarang udah dibolehin makan asem ama pedes yang penting gak berlebihan (secara aku paling suka dua itu) yang pasti aku nurut deh, biar gak lagi ampe separah itu :)

pas lagi pelajaran biologi tentang lambung udah deh aku kupas abis semuanya.
jadi gini lho, lambung itu kan selalu memproduksi asam lambung nah asam lambung itu fungsinya untuk mengubah makanan yang kita kunyah menjadi bubur makanan untuk di proses lebih lanjut.
nah masalahnya asam ini diproduksi secara continue (baca : terus.menerus) jadi kalo kita gak makan tepat pada waktunya asam lambung itu gak ada yang netralin.
dan dampaknya bisa mengikis lambung kita sendiri, makanya kerasa perih dilambung kita.
trus mual juga karena tingkat keasaman itu. nah kalo udah terlalu sering mengikis lambung yah ujung2nya jadi luka deh.
sama aja kayak kita ngegesekin batu di kulit, kalo terus menerus kan jadinya luka.
nah dari situ aku jadi tambah ngerti dan jelas kenapa kita harus makan dengan teratur dan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang :)
nah, maag itu bisa diatasi jika si penderita makan teratus dengan porsi cukup.
jujuran aja nih aku makannya gak banyak,emang perut aku muatnya segitu, semua orang pada nanyain geh, ose ko makannya dikit banget.
ya emang gitu, makan gak boleh juga kebanyakan, kalo makan kebanyakan langsung perih deh perutnya :(
yah, dari siu juga aku makan dengan teratur dan gak bandel kayak dulu, soalnya gak mau kalo ampe sakit kayak gitu lagi, sumpah rasanya gak enak banget.
nah untuk yang belum jadi penyakit nih, (semua orang pernah ngerasain gejala maag, tapi dalam frase ringan dan belum menjadi penyakit maag) bisa ko dicegah, dengan makan teratur, seimbang, cuci tangan sebelum makan.
tapi kalo yang maag nya udah jadi penyakit yang pasti ikutin aja tips2 dari dokter, jangan suka gak makan, trus kalo emang lagi kambuh jangan lupa minum deh obatnya :D
lagian gak rugi ko kalo kita makannya teratur, seimbang dan sehat.
kan kita juga yang ngerasainnya :)
emang sakit itu siapa yang tau, tapi semua bisa dicegah .....

KEEP YOUR HEALTHY NOW, AND FOREVER :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar