Kamis, 25 November 2010

KRUI nan indah :)

Blum pernah Ketempat ini ?

wah, rugi banget deh ..

soalnya tempet yang gak jauh dari kota bandar lampung ini memiliki panorama alam yang luar biasa .

masak kita mau kalah ama orang luar yang udah lebih dulu menyicipi daerah ini ..

hampir semua pantai di daerah ini free untuk di kunjungi ..

dan dapat di nikmati saat melintasinya saja ataupun mampir untuk melepas lelah .

kita chek lengkapnya ya :)



Kalau Anda melintas di jalur lintas barat Sumatera, cobalah mampir di pesisir Krui, Lampung Barat. Di sana Anda bisa melepas lelah sambil duduk-duduk di tepi pantai, di batu-batu karang nan romantis, atau di bawah rindang pohon nyiur, di tepi pantai berpasir putih yang berkilau dijilat ombak. Atau jika Anda pandai berselancar, Anda bisa mencobanya di surf Tanjung Setia, jangan mau kalah dengan peselancar mancanegara. Jika Anda punya banyak waktu, Anda bisa mencoba hiking atau jungle run ke hutan damar, sambil menikmati pesona sungai-sungainya yang dangkal berbatu dengan gemercik air yang jernih.

Jarak pesisir Krui dari Bandarlampung sekitar 250 km dengan melewati Kota Agung di teluk Semangka. Sedangkan jarak dari Kota Agung ke Krui kurang lebih 150 km. Kalau Anda melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, pesisir Krui adalah tempat persinggahan yang tepat untuk melepas lelah, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Bandarlampung.

Budhi Marta Utama
Pantai Labuhan jukung

Krui adalah nama sebuah kota kecil di pesisir barat provinsi Lampung, sedangkan pesisir Krui adalah sebutan untuk daerah sepanjang pesisir barat provinsi ini. Sebutan pesisir Krui hanya untuk mempermudah orang mengingat daerah ini karena Krui adalah kota terbesar dan terletak di tengah-tengah daerah, dan karena Krui sudah dikenal sejak lama, jauh sebelum orang mengenal nama-nama lain di sepanjang pesisir ini.

Di provinsi Lampung, Krui dikenal sebagai daerah penghasil damar mata kucing. Damar mata kucing adalah sejenis getah yang dihasilkan oleh pohon damar (shorea javanica). Damar mata kucing ini merupakan sebuah komoditas hasil perkebunan yang unik karena hanya ada di daerah ini, atau karena mutunya yang berbeda dari damar-damar yang ada di daerah lain. Sampai saat ini, krui adalah daerah penghasil damar mata kucing terbesar di Indonesia, bahkan mungkin di dunia.

Dalam dekade terkahir ini, nama Krui mencuat di dunia internasional karena pariwisatanya, khususnya wisata selancar. Khusus wisata selancar ini, Krui sudah banyak diekspos oleh majalah-majalah selancar mancanegara. Diharapkan, dalam waktu yang tidak lama lagi, Krui akan melejit menjadi daerah tujuan wisata selancar utama di Indonesia selain Bali, Lombok, dan kepulauan Mentawai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar